Monday, September 13, 2010

Ringkasan Khotbah - Kiat-Kiat Masuk Kerajaan Sorga

“Kiat-Kiat Masuk Kerajaan Sorga”
Pdp. DR. Janto Simkoputera MD PhD
Kebaktian Ibadah Raya 11 Juli 2010

Kedatangan Tuhan Yesus kedua kali sudah sangat-sangat dekat. Bahkan Rapture (pengangkatan orang kudus) dapat terjadi kapan saja. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai “tanda-tanda” dan penyataan Allah melalui mimpi dan penglihatan hamba-hamba Tuhan untuk mengingatkan gereja-Nya bahwa Yesus datang segera.

Tanda-Tanda Kedatangan Tuhan Yesus:

1. Kesaksian Bayi di Itaguai, Brazil
Ada tulisan di kedua tangan yang melekat pada seorang bayi yang baru lahir di Rumah Sakit di Itaguai yaitu: “JESUS is Coming Back.”

2. Kesaksian Lubang Neraka (Sink Hole), di Guatemala, Provinsi Zhejiang – China dan Beberapa Negara lainnya.

Lubang neraka Lubang neraka

Ket: Lubang-lubang di atas bukanlah fenomena alam biasa. Ini adalah tanda bahwa bumi kita menuju kehancuran dan kebinasaan. Karena itu, sebagai umat Tuhan kita jangan mencintai dunia serta segala keinginannya supaya Allah tidak membinasakan kita bersama-sama dengan dunia ini.

3. Kesaksian Ricardo Cid: 8 jam di Sorga (8 hours in Heaven)

Tuhan memanggil Ricardo (dalam sebuah mimpi) memintanya untuk keluar dari pekerjaannya; “Ricardo, Ricardo, keluarlah dari pekerjaanmu sekarang karena Saya akan melakukan sesuatu dalam kehidupanmu dan gereja-Ku di atas bumi ini.” Ricardo memutuskan keluar dari pekerjaannya dan taat kepada perintah Tuhan. Lalu Tuhan memeritahkan dia untuk pergi ke gereja dan berdoa syafaat selama 7 jam setiap hari dengan pokok doa untuk kehidupannya dan gereja Tuhan di bumi.
Suatu hari sementara Ricardo berdoa, Tuhan berbicara kepadanya dengan nada sedih:
“Ricardo, Ricardo berdoalah untuk gerejaKu ! GerejaKu tidak lagi sama dibandingkan dulu!

GerejaKu di bumi ini telah berubah. GerejaKu telah kehilangan iman. GerejaKu tidak lagi percaya kepadaKu atau keberadaanKu! Beritakan kepada gerejaKu bahwa Aku ada!! Berdoa syafaat untuk gerejaKu, karena gerejaKu tidak lagi berdoa dan berpuasa!” …..“Aku bisa melihat segala sesuatu yang gerejaKu kerjakan!”…..“GerejaKu telah kehilangan iman, mereka tidak mau percaya kepadaKu…….

“Semua ini adalah untuk kepunyaan umatKu,” kata Tuhan “tetapi, di gerejaKu, banyak sekali pencuri-pencuri yang mencuri perpuluhan dan persembahan! Katakan kepada umatKu bahwa tidak ada pencuri yang bisa masuk ke kerajaan surga.”
Tuhan mulai menangis untuk gereja-Nya dan Dia berkata,”Gereja ini bukan gerejaKu!… “GerejaKu berjalan dengan kuasa dan tanda-tanda mukjizat! GerejaKu telah menurun! Bagaimanapun juga, katakan kepada mereka Aku akan mengangkat mereka kembali!”

“Ricardo, di surga sudah tidak ada jam lagi.” Sisa waktu yang ada adalah hanya kemurahan Bapa kepada mereka yang telah berpaling dan memberikan mereka kesempatan untuk bertobat dan kembali ke pekerjaan mula-mula.”

Ricardo, Ini yang akan terjadi kalau pengangkatan orang percaya terjadi sekarang ini!”…Saya melihat banyak orang dan pendeta-pendeta menangis dan orang-orang mulai mendesak pendeta-pendeta, “Kenapa kamu tidak mengajarkan kebenaran, kenapa kamu tidak mengajarkan kekudusan dan memperingatkan kami semua tentang hal ini? Ini semua adalah kesalahanmu sehingga kami ditinggalkan!”

Aku menunjukkan hal ini kepada kamu supaya kamu bisa memperingatkan gerejaKu dan memberikan mereka harapan. Beritahukan mereka bahwa jika mereka bertobat sekarang, Aku akan mengampuni mereka selama masih ada waktu. *

Tuhan berkata kepada Ricardo: “Seseorang akan percaya kesaksianmu, hanya yang sungguh-sungguh kepunyaanKu akan percaya kepada kesaksianmu.”

Kejadian di atas membuat kita harus percaya bahwa kedatangan Yesus sudah sangat dekat. Yakinkah saudara pasti diangkat (rapture) saat Dia datang untuk ke dua kalinya??

Matius 7:21-23. (21) Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapak-Ku yang di sorga. (22) Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? (23) Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Ternyata yang diangkat (yang bertatap muka dengan Yesus/yang masuk Kerajaan Sorga) hanya yang melakukan kehendak Bapa (Firman Tuhan) di Sorga.

Kehendak Bapa di Sorga:

1. Minimal Puasa 2x seminggu
Matius 5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

Bagaimana hidup keagamaan orang Farisi dan ahli-ahli Taurat?
Lukas 18:12 “Aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku.”

Puasa artinya tidak makan atau mengekang diri terhadap keinginan daging. Gereja kita menetapkan, setelah makan malam (pkl.7/8 malam) kita tidak makan lagi sampai pkl. 12 siang keesokan harinya.

Yesaya 58:6-7 (6)... berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, (7) supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian, dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!

Tuhan mau kehidupan kita dipenuhi oleh kasih-Nya sehingga dapat taat dan setia melakukan segala Kebenaran Firman-Nya lebih dari ketaatan dan hidup keagamaan orang Farisi dan ahli Taurat (tanpa kasih).

2. Persembahan Perpuluhan
Maleakhi 3:8-10 (8) Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?” Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus! (9) Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa! (10) Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, Firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
Anda tidak akan bisa mempersembahkan tubuhmu kepada Allah sebagai persembahan yang hidup, kudus, dan berkenan, jika tidak jujur dan tidak benar dalam mempersembahkan uang Perpuluhan Anda kepada Allah!

3. Kekudusan
Ibrani 12:14 “Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.”
Hidup kudus berarti menjaga seluruh kehidupan kita untuk tidak tercemar oleh dosa dan tabiatnya, dan mengejar perkenanan Allah bagi hidup kita melalui Firman Tuhan.

1 Petrus 1:13-17, “13 Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus. 14 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, 15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, 16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. 17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini”.

Kunci untuk KEKUDUSAN:

a. Siapkanlah akal budimu (NIV: “Prepare your mind” = jagalah pikiranmu).

b. Waspadalah ( “be self controlled” = penguasaan diri).

c. Kasih karunia.
Tanpa kasih karunia, kita tidak mampu menjaga hidup kudus dan berkenan kepada Tuhan karena kecenderungan hati manusia yang lebih tunduk kepada dosa dan mengikuti keinginan daging. Tinggal dalam kasih karunia berarti bergantung penuh kepada kuasa Roh Kudus dan Firman Allah.

d. Taat ( “ruled by the LORD” = dikuasai oleh Roh Kudus, bukan hawa nafsu).
Ada empat macam hawa nafsu:
(i). Uang
(ii). Makanan
(iii). Sex
(iv). Marah/pemarah.

e. Hidup takut akan Tuhan (mengasihi Allah dan taat melakukan seluruh kehendak-Nya).
Contoh: Kehidupan Yusuf yang hidup takut akan Tuhan (: lari menjauh dari dosa karena dia hidup takut akan Tuhan).

4. Memiliki Iman
2 Timotius 3:5 “Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu.”

Ibadah tanpa di dasarkan pada iman adalah kejahatan di mata Allah. Yesus datang ke bumi untuk mencari iman dalam hidup orang percaya (pelaku Firman). Apakah
Anda memilikinya? Memiliki Iman artinya; mendengar dan melakukan semua Firman Tuhan, sehingga hidup dan karakter kita semakin dibaharui menjadi seperti Kristus. Ingat! Iman tanpa perbuatan adalah sia-sia.

Kesimpulan: “Hanya Pelaku Firman yang Bisa Masuk Kerajaan Sorga”

Bagaimana dengan Anda???
Jadikanlah hari ini, hari pertobatan kita untuk mulai malakukan semua Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh!

Yesus Datang Segera!!! Amin! GOD Bless you!

source : GBI PRJ's web

0 comments: